Lazada Indonesia
Latest Updates

Meracik Makanan Hamster

Bagaimana meracik makanan hamster agar sesuai kebutuhan? apakah kalian sudah memberikan hamster kalian makanan yang sehat, agar kondisi tubuh hamster kesayangan anda tetap bugar dan ceria? Makanan apa yang biasa kalian berikan ke hamster kalian?
Baiklah kali ini master akan membahas mengenai makanan hamster, apakah kalian tahu apa makanan pokok hamster? Iya benar sekali, makanan pokok hamster adalah biji-bijian. Butuh keseimbangan komposisi dalam meracik makanan hamster, agar kebutuhan nutrisi selalu terjaga. Jangan lupa untuk memberikan selingan sayur dan buah tertentu agar mereka tidak bosan. Buatlah makanan racik yang selalu segar, untuk sekali meracik, paling baik jika dalam 2 minggu sudah habis. Berapakah takaran  yang sesuai untuk meracik makanan hamster? Agar itu bisa disesuaikan dengan berapa ekor hamster yang kita punya.

Meracik Makanan Hamster dengan Koposisi Sehat

Makanan Hamster
Gambar oleh : Gede Navo H M ; Makanan Hamster

Bahan yang bisa anda campurkan ketika membuat makanan hamster :

  1. Kacang tanah
  2. Kacang hijau
  3. Kacang kedelai
  4. Millet putih & merah
  5. Beras jagung (jagung kering yang di tumbuk)
  6. Gabah
  7. Beras merah
  8. Gandum (oat)
  9. Canary
  10. Pelet kelinci, dll.
    Tapi tunggu dulu! kok tidak ada kuacinya?
    Kuaci merupakan makanan paling favorit bagi sebagian besar hamster. Hampir semua biji- bijian akan mereka tinggalkan jika mereka sudah bertemu dengan kuaci. Memang sangat lucu melihatnya mengupas kulit kuaci dengan jari-jari kecilnya. Namun demi kesehatan, kita harus mengontrol porsi makan serta memberi menu sehat dan seimbang. Beri disaat anda rehat dari rutinitas harian dan bermain dengannya. Jangan lupa memberi sedikit snack kecambah atau bengkoang atau snack lain.
    Diet Hamster yang Seimbang
    Memberikan menu makanan dengan nutrisi seimbang kepada hamster, bisa menjaga kesehatan dan kondisi hamster kamu, memperkecil datangnya penyakit dan memaksimalkan umurnya.

    Kandungan pokok yang harus ada dalam diet seimbang adalah :

    Karbohidrat dan lemak

    Sumber penghasil energi terbesar bagi tubuh hamster, namun apabila diberikan secara berlebihan bisa menyebabkan obesitas (jadi gemuk) yang nantinya bisa menyebabkan gangguan kesehatan pada tubuh hamster. Kedua kandungan tersebut bisa kamu dapatkan dari  Jewawut, jagung, kuaci, kacang tanah dan gandum

    Protein

    Protein sangat penting untuk pertumbuhan  dan pembentukan jaringan di dalam tubuh hamster. Protein juga sangat baik diberikan kepada hamster muda yang sedang tumbuh maupun induk hamster yang sedang dalam masa hamil dan menyusui. Sumber protein bisa kamu dapatkan dengan memberikan hamstermu millet, gandum, tahu, kecambah, kacang-kacangan maupun putih telur.

    Vitamin

    Sedikit tambahan vitamin bisa menjaga kondisi hamster kamu agar tetap sehat dan lincah, anda bisa mendapatkan vitamin dengan membelinya di petshop karena saat ini sudah banyak vitamin khusus yang dijual untuk hamster.

    Mineral

    Zat yang penting ini bisa andatemukan didalam susu (susu khusus hamster), sayur-sayuran dan biji-bijian padi.

    Air

    Tentu saja ini merupakan salah satu hal yang penting demi kelangsungan hidup hamster. jadi keharusan untuk anda memberikan botol minum khusus hamster agar hamster anda tidak mengalami dehidrasi karena kekurangan cairan.

    Silahkan gabung dengan kami di Indonesian Hamster Lovers 

    6 Responses to "Meracik Makanan Hamster"

    1. Wah membantu sekali, master! Terimakasih banyak yaa

      BalasHapus
    2. canary itu apa?'-'
      bukakah canary itu kenari?

      BalasHapus
    3. Minta saran dong mas hamster saya sedang dalam menyusui setelah beberapa hari ni dia terlihat lemas tidak bertenaga sy belum tau klu ada makanan tambahan hamster menyusui jd sy kasih kuaci sm air aj tolong mas sarannya takut keburu mati

      BalasHapus
      Balasan
      1. Bisa kasih daun katuk muda 2 - 5 helai tiap hari untuk meningkatkan produksi susu si ibu hamster.

        Hapus
      2. Kasih makanan penanbah air susu saja
        Contohnya :
        Katuk
        Dll
        Bisa di search ya
        Trus kasih minyak ikan saja sedikit
        Thats all

        Hapus

    STATISTIK